Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami


Keputihan merupakan lendir yang dihasilkan oleh kelenjar di dalam leher rahim dan dinding vagina. Lendir ini merupakan cara alami tubuh dalam mencegah infeksi serta menjaga kebersihan vagina. Namun, pada kondisi tertentu bahaya keputihan bisa menghantui jika disertai gejala lain.

Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih atau bening, bertekstur agak lengket dan licin, serta tidak menimbulkan bau, nyeri, atau gatal. Namun, bila keputihan yang muncul disertai gejala-gejala lain, Anda perlu berhati-hati. Bisa jadi ini merupakan tanda Anda sedang mengalami keputihan abnormal.

Keputihan atau Fluor Albus merupakan sekresi vaginal pada wanita. 

Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).

1. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang biasanya terjadi setiap bulannya, biasanya muncul menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur. 

2. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. 

Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat si penderita buang air kecil. Kondisi seperti ini seringkali membuat tidak nyaman sehingga tidak bebas beraktivitas.

ada beberapa cara mengatasi keputihan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah, seperti:

  • Bersihkan selalu vagina Anda setiap kali selesai buang air kecil ataupun buang air besar. Pastikan Anda membersihkan vagina dari depan ke belakang (dari arah vagina menuju anus) agar bakteri dari anus tidak masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi.
  • Hindari penggunaan produk kebersihan vagina yang mengandung parfum, karena bisa mengiritasi daerah kewanitaan Anda.
  • Gunakan celana dalam berbahan katun dan hindari pakaian yang terlalu ketat.
  • Tunda melakukan hubungan seksual hingga keputihan benar-benar hilang.
  • Gunakan detergen tanpa pewangi untuk mencuci pakaian dalam Anda. Selain itu, pastikan Anda membilasnya hingga benar-benar bersih.
  • Rawat vagina dengan manjakani yang dipercaya dapat mengobati masalah kewanitaan sejak zaman nenek moyang. SR12 menghadirkan produk herbal pilihan yg terbuat dr buah manjakani Aceh, dipercaya sejak dulu dapat mengobati masalah keputihan yg sering membuat anda risih. Gunakan manjakani seperlunya saja. Dan stop memakai manjakani jika keputihan sudah sembuh. Jaga selalu dan rawatlah daerah kewanitaan anda agar tidak terjadi efek berbahaya yg diakibatkan oleh keputihan yg parah yg tak kunjung reda.