Perbedaan Sinar UVA dan UVB


Kalau ngomongin skin care pasti sunscreen menjadi hal yang wajib banget untuk kamu gunakan dan nggak boleh terlewatkan apalagi ketika keluar ruangan. Nah, sunscreen sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tapi, kamu udah tau belum nih sebenarnya apa sih UVA dan UVB itu? Dan apa perbedaannya?

 

UVA dan UVB merupakan dua sinar radiasi yang dipancarkan dan memiliki dampak yang berbahaya bagi kulit jika terpapar secara langsung. Untuk itu penggunaan sunscreen sangatlah disarankan jika ingin berpergian keluar rumah. Sebenarnya UVA dan UVB ini juga memiliki manfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin D yang membantu pembentukan tulang, namun manfaat ini hanya dapat dirasakan oleh matahari pagi di bawah jam 9.

 

Lalu apa perbedaan dari kedua sinar radiasi ini?

 

UVA dan UVB. Huruf A pada UVA berarti ”Aging” (penuaan) dan B pada UVB artinya “Burning” (pembakaran). Tabir surya yang mengandung UVB lebih populer sejak zaman dahulu, tetapi yang sebenarnya Anda butuhkan adalah produk pelindung matahari yang bertuliskan “Broad Spectrum”, artinya produk pelindung matahari tersebut memiliki fitur pelindung dari kedua sinar UV baik A maupun B.


Perbedaannya yaitu dari efek yang dirasakan oleh kulit, UVA merupakan sinar radiasi yang dapat menyebabkan penuaan dini dengan munculnya flek-flek hitam pada wajah dan kerutan terutama di sekitar mata. Sedangkan UVB yang membuat kulit menjadi terbakar apabila terlalu lama dibawah paparan sinar matahari.

 

Bisa disimpulkan sebaga berikut :

Radiasi sinar UVA

-   1. Tidak dapat terhalang oleh objek seperti pakaian tipis, kaca jendela atau jendela mobil maupun awan, dan bahkan tetap ada di saat cuaca mendung ataupun hujan..

-   2. Dapat memicu penuaan dini pada kulit (keriput) dan noda hitam karena paparannya dapat menembus jauh ke dalam dermis/lapisan kulit dalam, sehingga dapat merusak kolagen

-   3. Memiliki andil yang cukup besar terhadap photo-aging atau penuaan akibat paparan sinar matahari

-   4. Dapat memicu proses karsinogenesis atau pembentukan sel-sel kanker dan imunosupresi atau melemahnya sistem kekebalan pada kulit..

Radiasi sinar UVB

-   1. Dapat terserap oleh awan dan tidak dapat menembus kaca jendela atau jendela mobil.

-   2. Dapat merusak melanin, yang mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap/gosong.

-   3. Dapat menyebabkan kulit memerah dan terbakar, namun paparannya hanya dapat menjangkau epidermis kulit (lapisan yang lebih dangkal).

Jadi, jangan malas menggunakan sunscreen ya untuk mencegah penuaan dini dan agar kulitmu tidak terbakar.